.quickedit{display:none;}

Dunia yang penuh Dengan Kehidupan Bodo dan masa bodo

Shylord World

https://twitter.com/shylord21
Dunia yang penuh Dengan Kehidupan Bodo dan masa bodo.
About Me
Replace this with your own description here. Go to "Edit HTML" to change this.

28 Oktober 2016

so what up sanak...



setiap tanggal 28 oktober kita sebagai warga indonesia bertanah air satu , satu nusa satu bangsa satu bahasa , selalu merayakan hari sumpah pemuda , ya gw dpet inspirasi sih dari salah satu video ig satu nih cie elah , lgian pasti ada juga yg tau

 bisa dilihat disini nih : https://www.instagram.com/p/BMGLwaQhcNx/?taken-by=cameoproject_

ya gw jga sering sih mengatakan sumpah itu buat pelarian atau apalah klo misalnya keadaan yg hrus melibatkan gw utk bertahan diri

sebagai pelajaran buat kita saya sedkit membahas ttg Sumpah

menurut KBBI sumpah adalah pernyataan yang diucapkan secara resmi dengan bersaksi kepada Tuhan atau kepada sesuatu yang dianggap suci (untuk menguatkan kebenaran dan kesungguhannya dan sebagainya): 
1. perkataannya itu dikuatkan dengan --; 
2. pernyataan disertai tekad melakukan sesuatu untuk menguatkan kebenarannya atau berani menderita sesuatu kalau pernyataan itu tidak benar;
3. janji atau ikrar yang teguh (akan menunaikan sesuatu)

menurut islam sih Begini : Secara bahasa أقسام merupakan bentuk plural dari kata قسم (qasam) yang berarti sumpah yang memiliki dua makna dasar, yaitu indah dan baik, serta bermakna membagi sesuatu. Menurut pengertian syara’ yaitu menahkikkan atau menguatkan sesuatu dengan menyebut nama Allah S WT, seperti; walLahi, bilLahi, talLahi. Secara etimologis arti sumpah yaitu:

Pernyataan yang diucapkan secara resmi dengan bersaksi kepada Allah SWT untuk menguatkan kebenaran dan kesungguhan.
Pernyataan yang disertai tekad melakukan sesuatu menguatkan kebenarannya atau berani menerima sesuatu bila yang dinyatakan tidak benar.
Janji atau ikrar yang teguhakan menunaikan sesuatu.
Dalam Islam, Allah berfirman dalam Al-quran tentang sumpah. Dalam Hal ini ada beberapa bagian yang perlu kita perhatikan dan inilah yang menjadi isi utama postingan ini.


Hukum Sumpah
Dalam perkara hukum, ada beberapa pendapat para ulama yang diungkapkan dengan dasar pikiran dan dalil dasarnya.
Wajib. Jika sumpahnya bertujuan untuk menyelamatkan atau menghindarkan dirinya atau muslim lainnya dari kebinasaan.
Sunnah. Jika sumpahnya bertujuan untuk mendamaikan dua pihak yang bertikai atau untuk menghilangkan kedengkian dari seseorang atau untuk menghindarkan kaum muslimin dari kejelekan.
Mubah. Misalnya dia bersumpah untuk melakukan atau meninggalkan suatu amalan yang hukumnya mubah.
Makruh. Jika dia bersumpah untuk melakukan hal yang makruh atau meninggalkan amalan yang sunnah. Misalnya sumpah dalam jual beli karena Nabi shallallahu alaihi wasallam bersabda dalam hadits Abu Hurairah:
                                                                                                                        الْحَلِفُ مُنَفِّقَةٌ لِلسِّلْعَةِ مُمْحِقَةٌ لِلْبَرَكَةِ
         “Sumpah itu memang bisa melariskan dagangan akan tetapi menghapuskan berkahnya.” (HR. Al- Bukhari no. 1945)
Haram. Bersumpah untuk suatu kedustaan atau dia berdusta dalam sumpahnya. Termasuk juga di dalamnya bersumpah dengan selain nama dan sifat Allah, karena itu adalah kesyirikan. Diriwayatkan dari Nabi shallallahu alaihi wasallam bahwa beliau bersabda dalam hadits Ibnu Umar:
                                                                                                                            مَنْ حَلَفَ بِغَيْرِ اللَّهِ فَقَدْ أَشْرَكَ
           “Barangsiapa yang bersumpah dengan menggunakan selain nama Allah maka sungguh dia telah berbuat kesyirikan.” (HR. Abu Daud no. 2829 dan At-Tirmizi no. 1455). Termasuk di dalam kesyirikan ini adalah bersumpah dengan menggunakan nama Nabi shallallahu alaihi wasallam.

Semoga Bermanfaat y sanak , dan sekali tak bosan saya ucapkan Selamat Hari Sumpah Pemuda untuk semua pemuda pemudi Indonesia yang selalu belajar agar masa depan negri kita cerah semangat!
Categories:

0 komentar:

Posting Komentar